Download Firmware Nougat dan Cara Flash Samsung J5 Prime

advertisement
Download Stock ROM (Firmware) Android Nougat dan Marshmallow Samsung Galaxy J5 Prime SM-G530Y (XID-Indonesia) - Tidak berbeda jauh dari Samsung Galaxy J7 Prime, Galaxy J5 Prime juga sudah mendapatkan Update terbaru Android Nougat versi 7.0. Sudah pasti ini menjadi kabar yang menggembirakan para penggunanya, pasalnya untuk update ini sudah lama ditunggu semenjak Android N diluncurkan oleh google secara resmi beberapa waktu yang lalu.

Alasan mengapa pembaruan ini ditunggu, karena kita semua sudah tau bahwa Android Nougat yaitu versi 7.0 memiliki banyak fitur terbaru yang belum ditemui pada versi sebelumnya. Fitur terbarunya yaitu Daydream, Quicker multi-tasking, Multi-Windows, Melihat dua tab di Chrome, memindahkan teks dalam mode multi-windows, Animasi installer baru, Gabungan pemberitahuan, Notifikasi "Importance Setting", Navigasi aplikasi Settings yang lebih mudah, Emoji baru, Tombol "Cancel" saat download file, Direct Reply dari notifikasi yang muncul serta beberapa fitur unggulan lainnya.

Untuk mendapatkan pembaruan ini, bisa dilakukan melalui OTA. Caranya cukup masuk ke menu Settings / Pengaturan » About Device / Tentang Perangkat » Download Updates Manually. Cara kedua adalah melalui update via Kies, namun yang kedua ini paling jarang dilakukan dan cara ketiga yakni melalui Flasing via ODIN dengan mengunduh secara manual Sistem Operasi / Firmware / Stock ROMnya terlebih dahulu.

Fungsi Stock ROM Android

Sekedar informasi, selain untuk memperbarui Sistem Operasi, mungkin sebagian dari kalian mungkin belum mengetahui fungsi lain dari Stock ROM. Berikut fungsinya :
  1. Menghapus Root (Unroot).
  2. Memperbaiki Sistem Operasi yang sudah Rusak.
  3. Memperbaiki Custom Binary Blocked by FRP Lock.
  4. Donwgrade, dan masih banyak lagi.
Jadi bagi kalian yang sedang mencari link download dari stock ROM android Nougat versi 7.0 atau Marshmallow 6.0.1 untuk Samsung Galaxy J5 Prime SM-G530Y (XID - Indonesia), mungkin kalian datang di situs yang tepat. Sebab beikut ini selain link unduhnya, saya juga akan buatkan panduan Tentang Bagaimana Cara Flashing Stock ROM Samsung Galaxy J5 Prime.
Peringatan!
Androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

Download Firmware (OS) Android J5 Prime

Berikut ini adalah informasi mengenai Firmware yang bisa menjadi bahan referensi sebelum mengunduh filenya.
Informasi Firmware
NegaraIndonesia
Kode ProdukXID
PDAG530Y
CSCG530Y
PonselSamsung Galaxy J5 Prime
ModelSM-G530Y
AndroidNougat
Versi7.0
UpdateOktober 2017
LinkDownload
Di bawah ini adalah beberapa versi terlawas Stock ROM untuk Samsung J5 Prime Lainnya.
Versi AndroidUpdateLink
Marshmallow 6.0.1Agustus 2017Download
Catatan!
Jika terdapat link rusak atau tidak berfungsi, silahkan meninggalkan komentar atau menghubungi admin melalui Formulir Contact Us yang telah disediakan.

Cara Flash Stock ROM Galaxy J5 Prime

Adapun mengenai bagaimana cara flash/install firmware samsung J5 Prime, adalah sebagai berikut.
Penting!
Sebelum memulai Proses, disarankan agar melakukan FULL BACKUP, baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya. Karena apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa merestore / mengembalikannnya ke keadaan seperti semula.
  1. Siapkan Komputer baik itu PC ataupun Laptop.
  2. Siapkan Kabel USB yang asli.
  3. Download Samsung USB Driver (setelah diunduh, install kedalam komputer).
  4. Download Aplikasi Odin3 v3.12.3 (ekstrak filenya ke dalam komputer)
  5. Ekstrak Stock ROM yang sudah kalian download apabila ekstensinya .zip / .rar. Namun jika ekstensinya HOME.tar.md5, maka skip langkah ini.
  6. Nonaktifkan perangkat hingga bergetar, kemudian masuk ke Downloading Mode. Caranya tekan Tombol Home + Power + Volume Bawah secara bersamaan hingga terasa ada getaran. Tekan lagi Volume Atas untuk melanjutkan.
  7. Sambungkan Galaxy J5 Prime ke komputer melalui kabel USB.
  8. Klik kanan pada aplikasi ODIN dan pilih "Run as administrator".
  9. Klik Tombol AP atau PDA jika memakai ODIN versi lama kemudian cari File Stock ROM Android.
  10. Klik Tombol Start dan tunggu hingga proses pemasangannya selesai.
  11. Setelah selesai, ponsel akan melakukan restart secara otomatis. Silahkan lepas kabel USB yang menghubungkan ponsel dengan komputer.
  12. Proses Booting mungkin membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit. Jadi silahkan tunggu.
  13. Setelah booting selesai, silahkan kalian atur semua yang dibutuhkan hingga masuk ke layar home.
  14. Selesai.
Untuk tutorial lengkap mengenai cara flash atau install firmware samsung, silahkan baca di artikel Cara Install / Flash ROM Android Samsung via ODIN.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila postingan kali ini memberikan manfaat, jangan lupa untuk bagikan ke sosial media kalian. Salam.
Related Posts
Open Comments